Aneka Info Amalan hati

20 PEMAIN SEPAK BOLA MUSLIM YANG TERKENAL DI DUNIA

Artikel terkait : 20 PEMAIN SEPAK BOLA MUSLIM YANG TERKENAL DI DUNIA

Taukah Saudara para pemain sepakbola terkenal yang beragama Islam, Sepakbola memang memiliki keragaman , salah satunya dalam bidang agama. Di dunia sepak bola ternyata cukup banyak juga pemain-pemain yang beragama Islam.

Pesepakbola beragam muslim di kompetisi berbagai liga di dunia bisa dibilang sebuah kelangkaan karena sebagian nama-nama besar dan club berasal dari daratan eropa dan amerika dan untuk yang di daratan asia sangat sedikit karena jumlah mereka yang minoritas.

Tapi pernahkan Saudara sadari bahwa para pemain dibawah ini adalah pemain-pemain yang beragama muslim.  

1. Robin Van Persie


Dia memperkuat Fenerbahce sebagai striker produktif yang sedang naik daun. Pemain keturunan Maroko yang membela Timnas Belanda ini kabarnya beragama Islam. Pemain ini masuk islam setelah menikah dengan wanita asal Maroko yang beragama Islam.

2. Mesut Ozil



Pemain gelandang kreatif Arsenal dan timnas Der Panzer Jerman keturunan Turki ini, berkomitmen menjalankan perintah agama sepanjang waktu. Pemain Muslim yang berprestasi hebat kelahiran 15 Oktober 1988 ini dikenal sebagai pemain bola yang biasa membaca Al-Quran. Ketika memasuki bulan Ramadhan, ia rutin berdoa dan membaca Al-Quran. Bahkan sesibuk apapun kegiatannya bersama Real Madrid, Ozil selalu berusaha untuk membaca beberapa ayat Al-Quran.

3. Thierry Henry

Striker New York Red Bulls ini, seringkali melakukan sujud mencium lapangan seperti sujud syukur sebagai selebrasi usai mencetak gol ke jala lawan. Hal itu dilakukannya sebagai sebagai tanda syukur atas capaian membawa timnya meraih kemenangan atau prestasi. Dalam episode wawancaranya yang disiarkan Al Jazeerra, Henry menegaskan keislamannya. Mantan bomber Arsenal dan Timnas Prancis ini menyangkal kalau Islam terkait gerakan terorisme.

4. Kolo Toure

Pemain timnas Pantai Gading ini merasa kehidupannya di Manchester semakin nyaman ketika mantan punggawa Barcelona sekaligus sang adik, Yaya Toure, ikut bergabung ke klub yang berjuluk the Citizens. Kolo Toure termasuk pemain sepak bola Muslim yang shaleh. Bahkan, ketika masih membela Arsenal, ia termasuk salah satu guru mengaji. Kini, ketika ia hijrah ke Manchester City, Toure masih bolak-balik Manchester-London demi melanjutkan pengajarannya. Siapa yang menyangka, di balik kegarangannya di lapangan, Toure adalah sosok yang lembut dan penuh pengabdian terhadap Islam. Kendati begitu, Kolo tidak memungkiri ia sering bolong dalam menunaikan puasa Ramadhan ketika timnya bertanding. Latihan berat yang dijalani City memaksa punggawa Pantai Gading itu membatalkan puasanya. Namun, ia selalu mengganti puasa Ramadhan di lain hari. Itu adalah konsekuensi sebagai seorang Muslim, kata dia.

5. Yaya Toure

Yaya Toure menjadi bintang Manchester City saat mencetak dua gol ke gawang Newcastle United. Tapi dalam pesta perayaan, ia menolak menerima sebotol besar champagne saat pesta kemenangan di ruang ganti. Maaf! Saya tidak minum alkohol. Saya Muslim, ujar Yaya Toure seraya menyerahkan botol besar champagne ke Joleon Lescott, rekannya. Saat masih di Barcelona, Yaya Toure adalah imam bagi dua rekannya. Eric Abidal dan Seydou Keita. Ketiganya selalu menyampatkan diri shalat berjamaah, dan Toure dianggap memiliki pengetahuan keagamaan yang lebih dibanding Abidal dan Keita. Yaya Toure ini merupakan adik dari Kolo Toure.

6. Eric Abidal

Setelah memutuskan memeluk agama Islam atau menjadi mualaf, Eric Abidal menambahkan nama Bilal di tengah namanya. Punggawa Tim nasional Prancis itu terus berupaya menjadi Muslim taat pasca mengucapkan dua kalimat syahadat. Pemain belakang asal klub Barcelona ini gemar sekali membaca beberapa ayat Alquran sebelum berlaga. Di setiap sesi latihan klub, Abidal tidak pernah melupakan untuk membawa tas kecil berisi Alquran mini.

7. Karim Benzema

Striker Real Madrid ini memiliki kemiripan dengan seniornya, Zinedine Zidane, yang berdarah Aljazair. Benzema mengaku beruntung membela Los Blancos. Alasannya ketika Madrid menjalani kompetisi di bulan Ramadhan, dia tidak sendirian menjalani puasa. Kalau sebelumnya dia bersama Mahmadou Diarra dan Lassana Diarra “yang beragama Islam“ puasa bersama. Sekarang Benzema ditemani Mesut Ozil dan Sami Khedira yang merupakan Pemain Sepak Bola Muslim.

8. Nicolas Anelka

Ketika Klub Chelsea masih dibesut Andres Villas Boas, sang pelatih menyuruh pemain yang sedang puasa untuk tetap berada di meja makan. Anelka dan pemain Muslim the Blues lainnya hanya bisa melihat rekan-rekannya makan dengan lahap. Meski begitu, dia tidak tergerak untuk membatalkan puasa. Walau iri, saya tetap harus berpuasa, tegas punggawa Timnas Prancis itu. Anelka memeluk agama Islam pada 2004.

9. Frederick Kanoute

Pada 2007 lalu, Frederick Kanoute secara tegas menolak mengenakan kostum Sevilla karena disponsori sebuah rumah judi. Tetapi Karena dipaksa oleh manajemen Sevilla dan tuntutan professionalismenya , Kanoute menyisati dengan menutup sponsor itu dengan lakban hitam. Frederick Kanoute juga dikenal sebagai pesepakbola yang ringan tangan. Kanoute pernah mengeluarkan uang dari saku pribadinya sebesar 700 ribu dolar AS (sekitar Rp 6,3 miliar) untuk menyelamatkan sebuah masjid di Kota Sevilla lantaran mau ditutup dan diubah fungsinya. Salah satu aksi pemain depan gaek asal Timnas Mali yang mengundang kontroversi adalah, ketika ia melakukan selebrasi usai mencetak gol ke gawang Deportivo La Coruna di Copa del Rey. Kala itu, Kanoute menunjukkan kaus dalam yang bertuliskan˜Palestina dalam huruf negara-negara dunia.

10. Franck Ribery

Islam adalah sumber kekuatan saya di dalam dan di luar lapangan sepak bola. Saya mengalami kehidupan yang cukup keras dan saya harus menemukan sesuatu yang membawa saya pada keselamatan dan saya menemukan Islam, ungkap Pemain Bayern Munchen ini saat ditanya perihal agama yang dianutnya. Franck Riberry menjadi mualaf setelah menikahi seorang gadis Prancis keturunan Maroko. Ia pun menambahkan nama Bilal di tengah namanya. Menjadi Muslim, Ribery menerapkan ajaran Muhammad SAW itu dalam kehidupan sehari-harinya. Saya ini orang yang sederhana dan simpel saja, selorohnya.

11. Sulley Muntari

Nama asli pemain Timnas Ghana ini adalah Sulleyman Ali Muntari yang merujuk pada nama Nabi Sulaiman AS. Gelandang Kub Inter Milan yang kini dipinjamkan ke AC Milan itu beberapa kali kerap merayakan gol dengan sujud syukur. Hal ini mengundang reaksi positif dari komunitas Muslim di Italia. Banyak yang berkata, Muntari menunjukkan dalam kebahagiaan setinggi apa pun (dalam hal ini mencetak gol), seorang Muslim tetap menunjukkan kerendahannya di depan Allah dengan bersujud).

12. Pappis Cisse

Penyerang asal Senegal yang sedang naik daun ini adalah seorang Muslim yang taat. Bersama rekannya di Newcastle United Demba Ba, dan Hatem Ben Arfa, Cisse kerap melakukan selebrasi kemenangan dengan melakukan sujud syukur. Kabar baiknya, pelatih the Magpies, Alan Pardew mengaku berencana menyediakan mushala di stadion Sports Direct Arena.

13. Zinedine Zidane

Pemain yang bernama lengkap Zinedine Yazid Zidane merupakan Berbagai klub terkenal pernah dia bela seperti Juventus dan Real Madrid. Bahkan dirinya yang mengantarkan Perancis menjadi Juara Piala Dunia pada tahun 1998. Zidane salah satu pemain sepak bola terbaik dunia.

14. Ibrahim Afellay

Pemain berwajah arab ini pernah memperkuat Barcelona, dan menjadi salah satu pemain yang dianggap berbakat dalam persepakbolaan Belanda. Ia pernah memperoleh penghargaan sebagai pemain terbaik Liga Belanda tahun 2007/2008. Ibrahim Afellay terpilih sebagai Moslim van het jaar atau Muslim Tauladan di belanda. Affelay saat ini bermain di FC Barcelona dan andalan timnas Belanda masa depan.

15. Lassana Diarra

Dia berasal dari prancis, dan kini memperkuat club besar yaitu Real Madrid. Dia berperan sebagai gelandang bertahan. Dia memiliki postur tubuh yang cukup bagus.

16. Hatem Ben Arfa

Pemain yang berasal dari prancis namun keturunan Tunisia ini salah satu pemain eropa yang memeluk agama Islam. Dia pernah bermain di Marseille namun saat ini Hatem memperkuat Newcastle. United.

17. Nuri Sahin

Pemain muslim keturunan Turki yang memperkuat Real Madrid ini pernah merumput di Bundesliga memperkuat Stutgart. Pemain kelahiran 5 September 1988 ini mengaku berasal dari keluarga yang taat beragama, dia mengatakan Sejak kecil kami sudah dibiasakan menjalankan kewajiban agama termasuk puasa Ramadhan, sehingga sudah terbiasa menunaikan ibadah puasa meski kompetisi bergulir di bulan Ramadhan.

18. Hamit Altintop

Pemain yang memperkuat Real Madrid ini berdarah Turki namun lahir di Jerman lahir 8 Desember 1982 di Gelsenkirchen. Dia mempunyai saudara kembar yang sama-sama pemain sepakbola profesional yang bernama Halil Altintop. Bedanya, jika Halil murni sebagai striker, sedangkan Hamit dikenal sebagai gelandang subur, dan bisa bermain sebagai bek maupun lini depan, dia juga memiliki tendangan jarak jauh yang luar biasa.

19. Sami Khedira

Sami Khedira salah satu pemain Real Madrid dan German yang beragama islam sejak ia lahir. Dia merupakan keturunan Tunisia, namun dia memperkuat timnas German. Dia memiliki kepribadian yang sopan dan santun. Dia menjadi andalan di lini tengah Real Madrid.

20. Samir Nasri

Gelandang Manchester City ini memiliki kebiasaan membaca surat Alfatihah sebelum memulai pertandingan. Hal ini dilakukannya saat membela klub maupun Timnas Prancis.
Dan tentuny akan bertambah terus pemain-pemain sepakbola yan terkenal yang beragama muslim karena pertumbuhanĂ‚  muslim di tingkat dunia semakin pesat dan sekarang banyak dari daratan asia menghasilkan pemain-pemain yang berkelas dan berkiprah di dunia international.

Artikel Amalan Hati Lainnya :

Copyright © 2015 Amalan Hati | Design by Bamz