Aneka Info Amalan hati

KEUTAMAAN PUASA ENAM

Artikel terkait : KEUTAMAAN PUASA ENAM

KEUTAMAAN PUASA ENAM. PUASA ENAM ADALAH PUASA SETELAH BULAN RAMADHAN YAITU PUASA DI BULAN SYAWAL SAMPAI ENAM HARI.


Usai menjalani puasa wajib di bulan Ramadhan, umat Islam mengerjakan puasa enam hari bulan Syawal. Puasa ini tidak wajib tapi sangat dianjurkan. Apa keutamaannya ?

Dalam hadits shahih dari Abu Ayyub Radhiyallahu 'Anhu, bahwa Rasulullah Saw bersabda, ''Barang siapa berpuasa pada bulan Ramadhan lalu diiringinya dengan puasa enam hari bulan Syawal, berarti ia telah berpuasa setahun penuh. ''( H.R Muslim, Abu Dawud, At-Tirmidzi, An-Nasa'i dan Ibnu Majah ).

Dalam hadits riwayat An-Nasa'i dan Ibnu Majah, dalam Shahih At-Targhib, bunyinya, ''Allah telah melipatgandakan setiap kebaikan dengan sepuluh kali lipat. Puasa bulan Ramadhan setara dengan berpuasa sebanyak sepuluh bulan. Dan puasa enam hari bulan Syawal yang menggenapkannya satu tahun.''

Ibnu Khuzaimah meriwayatkan dengan lafazh : ''Puasa bulan Ramadhan setara dengan puasa sepuluh bulan. Sedang puasa enam hari bulan Syawal setara dengan puasa dua bulan. Itulah puasa setahun penuh.''


MANFAAT PUASA BAGI KESEHATAN

Banyak sekali manfaat puasa bagi kesehatan. Antara lain :

Hati Istirahat : Hati membantu fungsi ginjal dengan memecah beberapa senyawa yang bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino, prosesnya disebut detoksifikasi. Dengan berpuasa, di mana makanan tidak masuk selama 12 jam, maka memberi kesempatan hati dan organ pencernaan lain untuk lebih bisa beristirahat.

Usus Santai : Peran usus besar antara lain menyerap air selama proses pencernaan, menghasilkan vitamin K dan vitamin H ( Biotin ), membentuk massa feses / kotoran, dan mendorong sisa makanan hasil pencernaan keluar dari tubuh. Dengan berpuasa usus besar lebih santai dan beristirahat sejenak.

Stres Berkurang : Puasa memberikan dampak mengurangi stres dan depresi.

Redakan Nyeri : Puasa bisa membantu meredakan nyeri pada persendian, bagi orang yang menderita radang sendi.

Sehatkan Jantung : Peneliti jantung menyimpulkan puasa tidak hanya menurunkan risiko penyakit arteri koroner dan diabetes, tapi juga memberikan perubahan pada kadar kolesterol. Puasa membantu meningkatkan kadar kolesterol baik ( HDL ), sehingga mengurangi faktor risiko dari penyakit jantung koroner.

Artikel Amalan Hati Lainnya :

Copyright © 2015 Amalan Hati | Design by Bamz