amalan amalan hati

Kamis, 06 Oktober 2016

MENGAPA TERJADINYA BANJIR

Hampir seluruh Indonesia saat ini sedang banjir. Dampaknya pun bermacam-macam, misalnya kerugian tergenangnya sawah/pertanian karena hampir panen, jembatan putus, transportasi macet. Mengapa terjadi banjir. Banjir disebabkan oleh banyak hal, antara lain:

HUJAN SANGAT LEBAT


Apalagi satu hari satu malam tidak berhenti, bisa terjadi banjir genangan. Yaitu karena saluran-saluran air misalnya parit tak mampu lagi menampung air maka terjadi banjir.

SUNGAI MELUAP


Bila sungai tak mampu lagi menampung hujan atau air yang mengalir ke dalam sungai, terjadilah luapan sungai dan menjadi banjir. Luapan itu karena jumlah air yang masuk ke sungai lebih besar dari daya tampung sungai. Itu juga disebabkan karena sungai tersebut banyak lumpurnya, sehingga sungai tak mampu menampung lebih banyak air. Mengatasinya biasanya lumpur tadi dikeruk.

TUMPUKAN SAMPAH


Tumpukan sampah di sungai bisa juga mengakibatkan banjir. Karena tumpukan sampah itu bisa mengurangi daya tampung air.

PENEBANGAN HUTAN


Hutan berfungsi sebagai daerah rasapan air, menyimpan air hujan, kemudian mengalirkan kepada manusia melalui bentuk air tanah. Misalnya sumur-sumur untuk air minum. Penebangan hutan secara liar juga akan menimbulkan tanah longsor.

MACAM MACAM BANJIR

BANJIR AIR


Meluapnya air di sungai, danau, atau di selokan sehingga air akan naik menggenangi daratan. Pada umumnya banjir air disebabkan dari hujan terus-menerus yang membuat sungai, danau atau selokan tidak dapat menampung air.

BANJIR BANDANG


Banjir yang mengangkut air dan lumpur. Banjir bandang dapat menghayutkan apapun, misalnya rumah, kayu dari hutan, sehingga kerusakan yang ditimbulkannya besar. Biasanya terjadi di area pegunungan. Menghayutkan pohon-pohon atau batu-batuan berukuran besar.

BANJIR LUMPUR


Mirip banjir bandang tetapi lumpur tersebut keluar dari dalam bumi dan mengenangi daratan. Lumpur tersebut juga mengandung bahan dan gas kimia yang berbahaya.

BANJIR ROP ( LAUT PASANG )


Disebabkan oleh pasang air laut. Air laut yang pasang umumnya akan menahan air sungai yang sudah menumpuk, akhirnya mampu menjebol tanggul dan menggenangi daratan.

BANJIR CILEUNANG


Mirip dengan banjir air. Tapi disebabkan dari hujan yang sangat deras dan airnya sangat banyak. Terjadinya sangat cepat, karena hujan yang sangat deras, sehingga dalam waktu yang cepat terjadilah banjir.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MENGAPA TERJADINYA BANJIR

0 komentar:

Posting Komentar