amalan amalan hati

Minggu, 09 Oktober 2016

MENGHINDARI PENYAKIT AKIBAT BANJIR

Main-main dalam banjir genangan memang punya keasyikan sendiri bukan? Namun tahukah kamu dalam genangan air banjir itu banyak kuman penyakit. Banyak penyakit akan timbul, dan bagaimana cara mencegahnya?


DIARE : Cuci tangan dengan sabun setiap akan makan dan minum, serta sehabis buang hajat. Minum air yang sudah didihkan. Jagalah kebersihan lingkungan, bila ada sampah segera dibuang ke tempat pembuangan sampah. Ini untuk menghindari makanan kita dihinggapi lalat dari sampah.
 
DEMAM BERDARAH : Di musim hujan biasanya banyak nyamuk demam berdarah ( Aedes aegypti ), maka kuburkanlah kaleng-kaleng bekas yang biasa didiami oleh nyamuk tersebut, kuras tempat penampungan air, dan tutup rapat tempat penyimpanan air.

LEPTOSPIROSIS : Penyakit ini disebabkan oleh bakteri leptospira. Biasanya ditularkan oleh tikus. Pada musim banjir tikus-tikus keluar dari sarangnya, dan kencing dimana-mana termasuk banjir. Bila terkenak orang yang luka, orang tersebut akan terinfeksi dan jatuh sakit. Misalnya panas tiba-tiba, sakit kepala, dan menggigil. Jadi hindarilah bermain dalam banjir, gunakanlah pelindung seperti sepatu. Kalau terinfeksi langsung ke dokter.

INFEKSI SALURAN PERNAPASAN AKUT ( ISPA ) : Penyebab ISPA berupa bakteri, virus, dan berbagai mikroba lain. Gejala utamanya batuk dan demam. Jika gejala itu berat, maka disertai sesak napas, nyeri dada. Ini harus istirahat, dan berobat.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MENGHINDARI PENYAKIT AKIBAT BANJIR

0 komentar:

Posting Komentar