amalan amalan hati

Senin, 21 November 2016

CARA BERSYUKUR

Biasanya semakin banyak bersyukur semakin bahagia hati kita. Bagaimana caranya supaya kita bisa bersyukur?


DUNIA : Segala sesuatu yang menyangkut dunia ini, sebaiknya kita senantiasa melihat ke bawah. Bila kita terus melihat ke atas, kita takkan pernah bersyukur. Misalnya, terus ingin kaya seperti orang, ingin menjadi anak orang kaya. Padahal bila kita mau melihat ke bawah, masih banyak orang yang lebih kurang dari kita. Lihatlah orang lain yang tak lengkap anggota tubuhnya, panca indranya, yang tidak sekolah, yang tidak makan, dan lain-lain. Bandingkanlah dengan dirimu. 

TERIMA KASIH : Sebaiknya kamu memang harus banyak berterima kasih dan bersyukur kepada Allah Swt yang telah memberikan segala nikmat bagimu. Nikmat bernapas, makan minum, kesehatan, bersekolah, dan lain-lain. Tanpa izin Allah Swt kamu tak bisa apa-apa.  

KEBAIKAN ORANG : Jangan sekali-kali tidak mengucapkan terima kasih terhadap pemberian dan kebaikan orang lain. Dalam ucapan terima kasihmu itu sebenarnya mengandung rasa syukur. Jadi latihlah dirimu dari sekarang.

KARUNIA : Sebaiknya, bersyukurlah dengan kata alhamdulillah. Bukankah ketika mengucapkannya, kita karunia Allah? Allah mahapengasih dan penyayang.

DENGAN HATI : Seorang hamba harus mengakui bahwa semua kenikmatan / kesenangan / kebahagiaan yang ada pada dirinya, datangnya dari Allah Swt, dan bukan dari yang lain.

DENGAN LISAN : Seorang hamba yang beriman selalu mengucap syukur kepada Allah Swt. Selalu berdoa dan berzikir. 

DENGAN ANGGOTA : Bersyukur dengan anggota badan maksudnya senantiasa beribadah. Makin banyak kenikmatan yang kita dapat tentu semakin taatlah kita beribadah. Selain menjauhkan anggota badan dengan perbuatan yang dilarang Allah Swt.

SEMANGAT : Teruslah berbuat baik, berkarya, walaupun kamu belum berhasil. Berkeluh kesah hanya menjadikan kamu sebagai orang yang tak bersyukur.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : CARA BERSYUKUR

0 komentar:

Posting Komentar