amalan amalan hati

Minggu, 05 Juni 2016

''MARTUNIS'' KORBAN TSUNAMI YANG MENDUNIA

MARTUNIS, anak korban tsunami 6 Desember 2004 asal Tibang, Banda Aceh, kini telah berada di Sporting Lisbon, akademi sepakbola Portugal. Kala itu, Ia ditemukan warga, kemudian diserahkan kepada salah satu reporter televisi Inggris, Skynews, yang kebetulan berada di lokasi. Gambarnya kemudian menghebohkan dunia.


Anak ke dua pasangan Sarbini dan Salwa ini selamat dari tsunami setelah terkatung-katung di laut selama 21 hari dengan baju seragam tim nasional sepak bola Portugal.

Setelah muncul di tv luar negeri itulah, Martunis diundang ke Portugal pada awal Juni 2005 untuk bertemu dengan para pemain negara itu, termasuk Ronaldo. Tak lama kemudian, Ronaldo mengunjungi Aceh untuk bertemu dengan Martunis. Dalam beberapa kesempatan, dia diundang Kanada bertemu dengan penyanyi Celine Dion.

Tekstur Ronaldo yang mengakrabi Martunis sebagai keluarga menjadi awal yang baik bagi kiprah Martunis. Abang asuh Martunis di Aceh, Munawardi Ismail berharap pemuda Tibang itu ia bisa menjadi diri sendiri lewat dengan apa yang sudah dilakukannya selama ini.

Sehingga suatu saat nanti bisa mendapat seperti apa yang dinukilkan salah satu media harian nasional di Portugal 24 Hours yang menulis ''A Nova Vida de Martunis'' atau ''kehidupan baru Martunis''. Semoga ini menjadi awal dari kehidupan baru itu.

Hari-hari libur bermain bola, Martunis diajak menonton sang idola Cristiano Ronaldo. Sebagaimana dilaporkan Munawardi, Sabtu, pekan kemarin, Martunis bersama seorang anak Cristiano Ronaldo jr ikut menonton sang ayah.

Dia berada di stadion berkapasitas 120.000 setelah perluasan tahun 1953 ini dalam rangka mensupport sang idola tampil dalam lanjutan Liga Spanyol menghadapi Gestafe. Laga itu dimenangkan Real Madrid dengan skor 4-1. Ronaldo yang berjuluk CR7 ikut menyumbang sebiji gol dalam laga tersebut.

Itulah pertemuan perdana, penyitas tsunami yang bernama Martunis dengan Cristiano Junior. Kedua anak manusia beda bangsa, beda benua dan juga beda bahasa bersua dalam bingkai keluarga besar Cristiano Ronaldo.

Bocah kecil bernama Cristiano Jr adalah anak kandung sang bintang Portugal yang berkostum Real Madrid dengan status legenda hidup. Dan, Martunis secara de facto sudah dikenal sebagai anak angkat mantan pemain Manchester United ini.

Martunis mendapat undangan khusus dari sang ayah angkat untuk berkumpul di tribune VVIP stadion El Real itu. Dia terbang dari Portugal bersama dua staf Sporting Lisbon, yakni Jose Quintala dan Pedro Batista. Ketiganya sudah berada di Madrid satu hari sebelum laga dimulai.

Dalam pertemuan itu, Cristiano Jr mengakui tahu tentang Martunis yang sudah berteman 11 tahun dengan ayahnya. Dia langsung terlihat akrab. Bahkan anak Ronaldo mau berfoto dengan Martunis sabil tersenyum. Tangan kiri berada di bahu bocah yang punya wajah khas latin itu. Martunis memakai jaket klub Sporting Lisbon. Sedangkan Cristiano Jr memakai baju bermotif putih dan hitam.

''Eu sei quem tu es, Tu es amigo do meu pai,'' kata Ronaldo Jr dalam bahasa portugis. Bila diterjemahkan berbunyi ''saya tahu kamu, sebab kamu adalah sahabat dekat ayahku.''  

Usai pertandingan dia juga berpelukan akrab dengan sang bintang. Dalam pertemuan singkat itu, Martunis meminta waktu sejenak, namun karena situasi sibuk dan padat pendukung, maka CR7 bilang dalam bahasa Portugis,'' saya minta maaf sahabatku, kita tidak bisa bicara disini, kamu bicaralah dengan asisten aku, Marissa. Nanti dia yang akan berbicara dengan aku apa yang kamu bicarakan.'' 

Dalam pertemuan singkat itu, Ronaldo juga bertanya tentang khabar Martunis selama ini apakah baik atau tidak. ''Saya jawab dalam bahasa Portugis, ''sim'' yang artinya baik dalam bahasa kita, ''ujar dia Martunis. 

Kepada Marissa, ia mengutarakan hasratnya, bahwa dia ingin bersama sang superstar. Apalagi liburan akhir tahun ini dia belum punya agenda apapun. ''Ok, tak masalah, nanti saya yang akan minta izin ke akademi untuk kamu supaya bisa jalan ke Madrid,'' tukas Marissa Mendes yang merangkap doktor pribadi CR7 serta sang agen Jorge Mendes. 

Keberangkatan Martunis ke Spanyol tak terlepas dari hasil pertemuan pertama Martunis dengan Ronaldo sejak berada di Portugal. Keduanya bertemu pada Selasa 1 Sertember 2015 lalu. Martunis sendiri sudah berada Lisbon sejak 29 Juni 2015 lalu.     

Dalam pertemuan, 2 September 2015, waktu Portugal, pemain dengan julukan CR7 itu berpesan kepada Martunis agar segera menghubunginya jika ada keperluan yang mendesak.
Selamat Martunis.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : ''MARTUNIS'' KORBAN TSUNAMI YANG MENDUNIA

0 komentar:

Posting Komentar