amalan amalan hati

Rabu, 20 Juli 2016

5 TIPS MENGURANGI STRES

Stres tentu sangat membahayakan kesehatan. Selain itu, stres juga menghambat kemampuan tubuh menurunkan berat badan. Setidaknya itulah hasil penelitian para ilmuwan University of Florida. ''Stres menyebabkan Anda untuk mengumpulkan lebih banyak lemak atau setidaknya memperlambat metabolisme lemak,'' kata penulis studi, Dr. Li Jun Yang, seperti dilansir laman Youthhealthmag, Senin ( 25/1 ).

Bisa juga dikatakan stres merupakan salah satu penyakit yang banyak mendominasi masyarakat luas pada umumnya. Pada kalangan apapun dan pada usia berapapun. Faktor penyebab dan pemicu penyakit ini memang bermacam-macam, tergantung pribadi masing-masing orang.


Walaupun bukan termasuk penyakit yang membahayakan atau mematikan, namun stres ini akan terasa mengganggu aktifitas dan ketenangan jiwa. Layaknya penyakit atau seperti sebuah pengganggu, stres sebaiknya kita hindari, cegah, atau jika sudah terlanjur ada pada diri kita sebaiknya kita kurangi tingkatnya. Di bawah ini Saya akan memberikan tips-tips dan cara unik lainnya untuk mengurangi stres, diantaranya:

1. Menyimpan Mainan Anak di Saku
 Tak perlu heran dengan cara yang satu ini ladies, menyimpan mainan anak di saku, atau meja kerja, atau di ruangan yang sering Anda tempati saat stres dapat menenangkan pikiran Anda. Dengan melihat mainan anak, atau bahkan mungkin memainkannya, Anda akan mengingat kembali memori yang terjadi semasa kecil. Sehingga Anda akan tersenyum lepas tanpa beban dan stres pun hilang. Mainan anak ini berbagai macam, sesuai yang Anda sukai pastinya ya ladies. Mungkin kebanyakan dari wanita menyukai boneka, atau apapun jika pria menyukai mainan hobi mereka.

2. Sembunyikan
Menyembunyikan atau menyimpan masalah yang Anda hadapi mungkin bisa jadi dapat mengurangi stres yang Anda alami. Beristirahatlah untuk menenangkan diri Anda. Kalau perlu, singkirkan sejenak segala urusan, masalah, telephone, komputer, dan lain sebagainya. Nikmati waktu Anda sendiri untuk sejenak menenangkan diri agar pikiran lebih tenang.

3. Menyantap Oatmeal atau Sereal Saat Sarapan
Oatmeal atau sereal termasuk salah satu makanan yang sangat baik untuk sarapan Anda. Seperti yang kita ketahui bersama bahwa oatmeal ini rendah kolesterol dan merupakan sumber energi yang sangat baik. Apakah Anda tahu bahwa oatmeal juga merupakan salah satu makanan yang sangat baik untuk menjaga suasana hati (mood) Anda? Kandungan zat kalium dan magnesium yang terkandung dalam oatmeal dipercaya dapat menurunkan tekanan darah Anda, yang akan membuat Anda merasa lebih santai. Jika Anda mengkonsumsi oatmeal secara teratur, hal ini dapat berkhasiat kadar hormon baik dalam tubuh Anda.

4. Memiliki Hewan Peliharaan
Memelihara hewan menjadi salah satu cara yang ampuh untuk mengurangi tingkat stres yang Anda alami. Anda dapat memilih untuk memelihara hewan apapun sesuai kesukaan Anda. Orang yang memiliki hewan peliharaan cenderung lebih sedikit mengalami stres atau bahkan dapat terhindar dari stres. Karena hewan peliharaan ini dapat menjadi teman bagi Anda, tanpa Anda harus membalas apapun darinya.

5. Menggambar, Melukis, Atau Bermain Musik
Menggambar, melukis, atau bermain musik merupakan cara yang banyak dilakukan oleh sebagian besar orang sebagai terapi untuk mengatasi atau mengurangi stres. Lakukan sesuatu diantara hal-hal tersebut untuk merelaksasi pikiran Anda agar lebih tenang sehingga stres dapat berkurang.


Harian Herald juga mencatat beberapa tips tentang cara untuk menangani stres :
  1. Mengatasi akar masalah untuk menghindari stres berkepanjangan.
  2. Belajar memprioritaskan semua tugas Anda di tangan.
  3. Mendapatkan tidur tujuh atau delapan jam setiap hari, mengurangi kafein, menghindari gangguan seperti televisi atau komputer dari kamar tidur Anda.
  4. Yoga dan latihan relaksasi tidak hanya membantu mengurangi stres, tetapi juga meningkatkan fungsi kekebalan tubuh.
  5. Pastikan bahwa Anda mendapatkan nutrisi yang tepat.
INILAH 5 TIPS MENGURANGI STRES

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 5 TIPS MENGURANGI STRES

0 komentar:

Posting Komentar