amalan amalan hati

Minggu, 30 Oktober 2016

AGAR TAK SOMBONG

Apakah sombong itu? Sombong atau takabbur secara  bahasa artinya membanggakan diri. Sifat sombong paling dilarang Allah SWT. Rasulullah SAW bersabda, ''Adapun amal-amal yang membinasakan adalah berprilaku kikir, mengikutu hawa nafsu, dan membanggakan diri,(HR Thabrani).

Rasulullah SAW bersabda, ''Tidak akan masuk surga orang yang dalam hatinya ada sifat sombong, walaupun hanya seberat biji sawi'' ( HR Muslim ).


Dalam hadits dari Haritsah bin Wahb Al Khuzai'i, Rasulullah SAW bersabda, ''Maukah kamu aku beritau tentang penduduk neraka? Mereka semua adalah orang-orang keras lagi kasar, tamak lagi rakus, dan takabur ( sombong ). '' ( HR. Bukhari dan Muslem ).

CIRI CIRI

Ciri-ciri orang sombong antara lain berakhlak buruk, bila berbicara tidak beradab, suka membesar / mengagung-angungkan diri, memandang rendah orang lain, memandang rendah dan sinis kelemahan orang lain, menganggap diri sendiri nomor satu, kurang amal ibadahnya, mengejar keduniaan dengan meninggalkan akhirat, suka mencari kesalahan orang lain, tidak suka ditegur, hanya berteman dengan orang yang setaraf.

MENCEGAH

Supaya Tidak Sombong Bagaimana?

Sedikit Bicara : Ini dimaksudkan agar kita berbicara yang perlu saja / yang bermanfaat. Ucapan kita sering kali hanya membicarakan mengenai kelebihan yang kita punya. Ini awal mulanya sombong.

Rendah Hati : Rendah hati itu terkadang susah kita laksanakan. Tapi rendah hati itu kunci untuk memerangi sifat sombong.

Merasa Dermawan : Ini tidak baik. Jika telah memberi, lupakanlah pemberianmu itu, jangan diungkit-ungkit lagi. Jangan merasa seorang dermawan.

Salam : Selalu memberi salam kepada sesama muslim / muslimah. Jangan membuwang muka pada orang sekitar. 

Sedekah : Sering-sering bersedekah. Tidak mampu dengan materi, lakukan cara menolong sesama, misalnya membantu pekerjaan, dan lainnya.

Istighfar : Manakala berbuat sombong cepat-cepat beristighfar. Setan memang selalu menghembuskan godaan untuk sombong karena sombong adalah sifat setan. Tapi cepat kikislah semua itu dengan Istighfar.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : AGAR TAK SOMBONG

0 komentar:

Posting Komentar