amalan amalan hati

Minggu, 09 Oktober 2016

KEISTIMEWAAN KEISTIMEWAAN TENTANG OTAK

Segala aktifitas tubuh kita bekerja karena perintah otak. Apa yang kira-kira perlu kita ketahui tentang otak manusia? Seperti yang dimuat ISWANDA dibawah ini.
Ada Beberapa Tentang Keistimewaan-Keistimewaan Otak :


  • Otak manusia tersusun dari 100 milyar sel saraf yang di sebut dengan neuron.
  • Berat otak manusia sekitar 1300 sampai 1400 gram.
  • Otak manusia bisa menghantarkan triliunan sinyal karena neoron ini saling berhubungan.
  • Otak manusia di aliri darah sekitar 0,85 liter permenit.
  • Otak terbagi dua belahan dan masing-masing otak mengendalikan fungsi yang berlawanan.
  • Otak mengendalikan pikiran dan tindakan.
  • Otak manusia juga mengendalikan pikiran bawah sadar dan gerakan reflek. Seperti bernafas, tidur, mimpi.
  • Berat otak manusia 2,5% dari berat tubuh ( wanita ) dan 2% dari berat tubuh untuk laki-laki.
  • Otak mengatur jam biologis tubuh seperti menyesuaikan suhu tubuh, mengatur irama siklus tidur.
  • Otak membutuhkan 15% suplai darah dari tubuh kita.
  • Otak terdiri dari 76% air.
  • Otak memerlukan oksigen sekitar 25%.
  • Panjang pembuluh kapiler dan sistem transportasi otak lebih 100.000 mil.  
Pernahkah anda melihat gambar 2 buah otak kita, yaitu otak kanan dan otak kiri? Pasti 2 otak ini mempunyai bentuk yang sama. Namun jika diteliti ternyata keduanya mempunyai fungsi yang berbeda. Otak kiri suka dengan hal-hal yang berurutan, suka dengan bunyi, kata-kata, huruf, audio, cenderung kognitif dan tidak melibatkan emosi. Sedangkan otak kanan menyukai hal-hal yang imajinatif, random, gambar, grafik, aktivitas, dan melibatkan emosi. Lalu apakah kedua otak ini bertentangan, termasuk cara kerjanya? Sampai-sampai ada seminar otak kiri vs otak kanan. 

Ternyata jawabannya adalah justru dengan perbedaan fungsi tersebut kedua otak ini bekerja sama secara harmonis dan saling mendukung. Kerja sama tersebut dikenal dengan nama HOLISTIK BRAIN. Holistik Brain adalah bagaimana kita mampu menggunakan dua otak kita dengan adil, yaitu menempatkan sesuatu pada tempatnya. Otak kanan kita harus dilatih menjadi pintu pembuka pertama menerima informasi. Jangan menggunakan kontinum otak kiri untuk menerima informasi, sebab akan cenderung lupa. Kenapa? Sebab setiap informasi ditangkap oleh otak dalam dalam bentuk citra (baca:gambar), dan gambar adalah wilayah otak kanan. Sehingga pada saat otak kanan kita bekerja menangkap informasi dalam bentuk citra, maka akan cepat dimasukkan dalam memori jangka panjang dan tidak akan pernah lupa. 

Bagaimana dengan otak kiri? Otak kiri akan bekerja pada saat setelah informasi berhasil ditangkap oleh otak kanan, maka apabila informasi tersebut membutuhkan pengolahan dan pencarian solusi dengan kegiatan berpikir, maka otak kirilah yang berperan. Kesimpulan mudahnya adalah sebagai berikut: TANGKAP INFORMASI DENGAN OTAK KANAN, LALU OLAH INFORMASI TERSEBUT DENGAN OTAK KIRI. Apabila hal tersebut dilakukan dengan terus menerus, maka hukum keadilan akan berlaku dan kita dapat mengoptimalkan kemampuan otak kita. Cobalah mulai sekarang menangkap atau menerima informasi dengan otak kanan, misalnya dengan visual. Sebisanya konsep-konsep materi belajar yang membuat kita pusing, tidak paham dan menjenuhkan anda ubah dengan visualisasi, baik secara imajinasi maupun berupa sketsa. Selamat mencoba.("DR. Munif Chatib" CEO Next Synergy).

Bagi masyarakat indonesia, kemungkinan istilah meta medicine ini terasa asing. Jangankan masyarakat umum, dunia medis tanah airpun banyak yang belum mengetahui istilah ini. Apa sih meta medicine itu? Apa manfaatnya bagi dunia medis? Bagaimana prinsip kerjanya? Bagaimana contoh aplikasi dalam dunia medis?

Meta medicine adalah suatu alat baru untuk membantu diagnosa suatu penyakit, di mana hal ini merupakan representasi dari perubahan yang sangat besar dalam memandang suatu penyakit. Meta medicine ini menurut penulis merupakan suatu terobosan dalam dunia ilmu medis yang cukup fundamental, mengingat ada suatu wacana lain dalam ilmu ini.

Dalam Buku tentang kesehatan holistik, karya Deepak Chopra’s dan Louise’s Hay’s, menyebutkan bahwa ada hubungan antara badan, pikiran, mental-emosional dan penyakit. Paling tidak ini merupakan hasil kajian dewasa ini oleh para peneliti dari Eropa.

Ada 10 prinsip utama dalam definisi dan pengertian tentang penyakit, pengobatan dan kesehatan yang sempurna. Jadi tidak hanya badan-pikiran saja yang berhubungan tapi adanya suatu hubungan antara organ-mind-brain-social connection. Tapi masing-masing brain (otak) berhubungan secara khusus terhadap organ tertentu dan terepresentasi dengan pengalaman sosial-lingkungan dan trauma atau konflik tertentu.

Adapun 10 prinsip utama itu adalah :
  1. Gejala penyakit merupakan reaksi biologis yang sangat berarti. 
  2. Tubuh, pikiran, jiwa dan lingkungan adalah suatu kesatuan yang utuh. 
  3. Penyakit merupakan suatu proses: titik utama dan fase siklus penyakit. 
  4. Pengalaman emosional merupakan awal proses penyakit. 
  5. Otak adalah komputer penentu yang menyampaikan pesan ke seluruh organ. 
  6. Lapisan embrio merupakan pemahaman evolusioner dari reaksi organ terhadap stress dan regenerasi. 
  7. Mikroba: virus, bakteri, jamur adalah penolong biologis. 
  8. Penyembuhan sendiri adalah vitalitas dan energi hidup untuk meningkatkan penyembuhan. 
  9. Persepsi subyektif adalah dimana tubuh dan lingkungan merupakan umpan balik.
  10. Jiwa yang sehat dapat dicapai melalui pengetahuan dan kesadaran.
Dalam penelitian terkini, banyak ditemukan terjadinya biological conflict shocks yang berhubungan dengan pengalaman emosional dan penyakit sebelumnya. Hal ini dimungkinkan organisme tubuh akan memberikan reaksi yang selama ini kita sebut “penyakit ” dan symptoms.

Ilmu meta medicine ini memang sangat revolusioner, karena menggambarkan jejak pertama suatu proses penyakit itu dimulai, karena setiap organ sangat berhubungan dengan trauma biologis tertentu. Sebagai contoh kulit (lapisan epidermis) dipengaruhi oleh trauma kehilangan kontak dengan seseorang, paru-paru (alveoli) sangat dipengaruhi oleh trauma takut akan kematian dan lain-lain.

Prinsip holistik dari pandangan meta medicine sangat berarti untuk diadakan terapi selanjutnya. Mengapa hal ini sangat penting? Ya karena dengan pendekatan holistik dan eksploratif terhadap suatu symptom akan menghasilkan diagnosis yang lebih presisi sehubungan dengan keterkaitan antara organ-mind-brain dan social environment. Sebagai terapis ataupun paramedis tentunya akan banyak diuntungkan dalam mengambil langkah-langkah yang tepat untuk treatment selanjutnya secara terpadu. Suatu penyakit yang diderita seseorang tidak hanya didiagnosis gejala-gejalanya saja, melainkan lebih dari itu juga apa yang melatarbelakangi gejala-gejala tersebut.

Kasus berikut ini dapat memberikan gambaran ihwal pendekatan meta medicine. Seorang pria berusia 44 tahun mengaku terkena penyakit kuning dan penumpukan cairan di perut, dan ditemukan bahwa dia menderita sirosis hati. Melalui dialog intensif, dia mengakui sebagai peminum berat selama bertahun-tahun dan itu dilakukan karena merasa kesepian serta depresi. Ditaksir konsumsi alkoholnya sehari-harinya mendekati 200 gram.

Setelah diselidiki mengenai sejarah masa lalunya, terungkap bahwa masa kecilnya tidak bahagia. Orang tuanya bercerai ketika dia berusia 5 tahun. Ibunya pun mengalami berbagai kesulitan karena harus mengasuh dua orang adik perempuannya dan tidak dapat menanggulangi kelakuan buruknya. Di sekolah dia terbilang nakal dan melakukan kriminalitas kecil-kecilan. Ketika muda dia berganti-ganti pekerjaan. Dia pernah menjadi tukang kayu dan bekerja sebagai kuli bangunan gedung-gedung bertingkat.

Di lingkungannya, meminum bir dalam jumlah banyak sepanjang hari adalah hal biasa. Dia kawin muda, namun istrinya kemudian minta cerai karena dia menjadi pemabuk berat, bahkan sering menganggur. Disimpulkan, pasien semacam ini mempunyai kepribadian yang kacau. Penyembuhan terhadap pasien semacam ini tentu tidak sekadar mengobati sirosis hatinya, namun memerlukan proses penyembuhan yang bersifat holistik atau menyeluruh.
Biasanya fenomena “hang” ini terjadi saat kita sedang merasa jenuh, tegang, stress dan kelelahan, apabila fenomena ini dihubungkan dengan cara kerja otak, maka penjelasannya adalah sebagai berikut: bahwa otak kita yang merupakan satu kesatuan, ternyata jika dipilah-pilah memiliki bagian-bagian yang berbeda fungsinya. Ada 3 bagian yaitu otak reptile, mamalia dan neokortek.

Otak reptile atau sering disebut otak primitive berada dipangkal otak dan terhubung dengan tulang belakang. Fungsinya mengatur beberapa organ vital tubuh seperti denyut jantung dan pernafasan, selain itu juga berfungsi mengendalikan reflek tubuh pada saat kita merasa tegang, terancam dan waspada dengan perintah dasarnya ”lari atau lawan”. Jadi saat kita merasa terancam, kelelahan, tegang dan jenuh, maka yang dominan berfungsi adalah otak reptile sehingga kita tidak bisa berfikir jernih.

Yang kedua adalah otak mamalia yang memiliki perbedaan fungsi dengan otak reptile, otak mamalia memiliki peranan mengatur kebutuhan reproduksi atau keinginan berkeluarga, hubungan sosial dan lain sebagainya. Selain itu, didalam otak mamalia ini terdapat sistem limbic yang berfungsiseperti saklar emosi, sistem limbic ini yang mengatur otak mana yang akan yang harus diaktifkan jika kita dalam keadaan terancam, tegang dan lainnya, begitu juga saat kita berada pada emosi gembira, tenang dan rileks. Saat kondisi emosi tegang, sistem limbic akan mengaktifkan fungsi otak reptile sehingga jika dibutuhkan tubuh bisa langsung bergerak reflek untuk menyelamatkan diri, sebaliknya saat emosi kita berada pada kondisi tenang, maka sistem limbic ini akan mengaktifkan peranan otak neorkotek sehingga kita bisa berfikir jernih.

Otak neorkoteks ini adalah bagian ke tiga dari tiga bagian otak. Otak neorkotek ini secara anatomi berada paling atas dan paling besar meliputi 80% dari total keseluruhan bagian otak, peranan utamanya adalah untuk menyimpan data, berfikir dan menganalisa. Otak neorkotek berfungsi baik jika emosi kita berada dalam kondisi tenang, rileks dan gembira.

Selain tiga bagian otak tersebut, ada juga belahan otak yang memiliki peranan dan fungsi yang berbeda, yaitu otak kanan dan otak kiri. Perbedaan kedua fungsi otak kanan dan kiri ini ditemukan oleh seorang ahli bedah syarat Roger Sperry pada tahun 1960. Secara singkat dari hasil penelitiannya, ditemukan perbedaan antara otak kiri dan otak kanan. Belahan otak kiri berhubungan dengan matematika, bahasa, membaca, logika,urutan, sistematis dan analitis serta mempunyai sifat Short-Term Memory. Sedangkan belahan otak kanan berhubungan dengan kreativitas, konseptual, inovasi, gagasan, gambar, musik, irama, melodi dan bermimpi serta mempunyai sifat Long-Term Memory. Dan kedua belahan otak ini dihubungkan oleh Corpus Collosum yang terdiri dari seratus juta sel otak.

Walaupun keduanya mempunyai fungsi yang berbeda, tetapi setiap individu mempunyai kecenderungan untuk mengunakan salah satu belahan yang dominan dalam menyelesaikan masalah hidup dan pekerjaan. Setiap belahan otak saling mendominasi dalam aktivitas namun keduanya terlibat dalam hampir semua proses pemikiran. Menurut penelitian apabila penggunaan antara belahan otak kanan dan belahan otak kiri bisa seimbang akan berpengaruh pada tingkat emosi menjadi lebih stabil , daya konsentrasi meningkat, kreatifitas bertambah, tidak mudah lupa/pikun dan gerakan kinetik yang lebih baik. Untuk menyeimbangkan kinerja otak kanan dan kiri bisa dilakukan dengan dua cara. Yaitu dengan menggunakan teknologi atau dengan cara manual.

Brain gym atau senam otak adalah cara sederhana yang dilakukan secara manual dan mudah. Walaupun hasilnya tidak secepat dengan teknologi namun tetap berguna untuk melatih kinerjaotak kanan dan kiri kita menjadi seimbang. Senam otak ini sangat sederhana hanya menggerakan bagian tubuh kanan dan kiri dengan gerakan berlawanan secara bersamaan. Salah satu contoh dengan cara menggunakan tangan dan jari-jari kita, tangan kanan mengacungkan kelingking dan tangan kiri mengacungkan ibu jari. Gerakan berikutnya tangan kiri mengacungkan kelingking, tangan kanan mengacungkan ibu jari. Bergerak bersamaan dan berganti-ganti dengan irama yang semakin cepat.

Cara Membuat Otak Anda Berpikir Lebih Cepat

1. Ambillah dosis EPA secukupnya
EPA adalah bahan kimia dalam minyak ikan yang merupakan makanan bagi otak, setiap orang pasti sudah mengetahuinya, jadi mengapa tidak memberikannya kapsul minyak ikan setiap hari untuk meningkatkan kekuatannya. Riset menunjukan bahwa minyak ikan dapat memfasilitasi peningkatan aktivitas pada otak, memperlancar peredaran darah, meningkatkan memori dan konsentrasi.

2. Kerjakan sebuah teka teki
Teka-teki silang, Sudoku atau yang lainnya dapat membuat otak Anda tetap pada kondisi terbaik. Sama seperti otot, jika Anda tidak berlatih secara reguler, ia akan kehilangan kemampuannya untuk bekerja secara maksimal.

3. Pergi berjalan kaki
Tidak ada yang dapat mengalahkan udara segar yang dapat menyegarkan pikiran yang dapat mengurangi percakapan mental yang mengganggu logika dan pikiran konstruktif. Sebuah perjalanan di pinggiran kota, dekat sungai atau sekedar di taman akan membantu Anda menyingkirkan awan kelabu dan membantu pikiran Anda tetap jernih.

4. Mempelajari bahasa baru
Mempelajari bahasa baru dapat sindrom dementia (kemunduran otak) sampai dengan empat tahun menurut artikel yang dimuat pada New Scientist. Alasan pasti untuk hal ini belum diketahui, namun dipercaya bahwa ia memiliki hubungan erat dengan peningkatan perdaran darah dan koneksi saraf yang baik.

5. Tertawa
Tawa bukan saja merupakan obat terbaik, ia juga dapat meningkatkan fungsi otak dan menstimulasi kedua sisi otak pada saat yang bersamaan. Pastikan Anda tertawa setiap harinya.

6. Menjadi kreatif
Melukislah atau pelajari alat musik yang baru, bergabunglah dengan kelas kesenian walaupun Anda yakin Anda payah dalam hal tersebut. Menjadi kreatif memungkinkan Anda untuk menemukan solusi baru untuk permasalahan yang sudah lama dan meningkatkan kesadaran pada saat yang bersamaan.

7. Belajar melempar barang
Riset dari Universitas Regensburg di Jerman memindai otak dari seorang juggler (pemain sulap yang melemparkan barang) dan menemukan bahwa kegiatan ini dapat meningkatkan struktur otak. Setelah berlatih selama tiga bulan, otak akan menunjukan peningkatan signifikan pada dua bagian, yaitu bagian mid-portal dan posterior intraprietal sulcus kiri.

8. Berhubungan dengan sifat keanak-anakan Anda
Einstein pernah berkata bahwa imajinasi lebih penting daripada pengetahuan dan ia menggunakannya pada beberapa eksperimen yang akhirnya membuatnya menemukan perhitungan paling terkenal sepanjang masa (E=MC2).

Cobalah lihat anak-anak, mereka penuh dengan imajinasi, dan mereka belajar lebih banyak pada tahun-tahun awal kehidupan mereka lebih daripada apa yang kita pelajari selama satu dekade. Bebaskan pikiran Anda dari penjara pikiran “seorang dewasa”, Anda akan menemukan cara berpikir yang belum pernah ada sebelumnya, Anda mungkin akan membuat penemuan besar yang berikutnya.

Senam Otak Untuk Sehatkan Lahir Batin

Seringkali kita menggunakan organ tubuh sebelah kanan. Penggunaan organ tubuh sebelah kanan dalam waktu yang terus menerus, dapat menyebabkan otak kiri terbebani. Hal ini terjadi, karena sistem kerja otak dan tubuh kita menyilang. Kondisi yang demikian menyebabkan otak kanan dan otak kiri menjadi timpang, tidak seimbang.

Menyeimbangkan otak kanan dan otak kiri sangat penting. Otak kanan biasanya berisi hal-hal yang bersifat emosional, seni, dan berperasaan. Sedangkan otak kiri lebih bersifat rasional dan abstrak. Umumnya, otak sebelah kanan banyak digunakan oleh wanita, dan otak kiri lebih banyak digunakan untuk pria. Senam otak dapat membantu memaksimalkan kerja otak kanan dan otak kiri. Senam otak terkait dengan ilmu gerak tubuh, yaitu gerakan tubuh yang dirangkai dan dipadukan, sehingga dapat membantu memaksimalkan fungsi otak. Senam otak akan memfasilitasi agar beban otak kanan dan otak kiri sama dan seimbang.

Senam otak tidak hanya untuk mereka yang berusia lanjut. Senam otak juga baik dilakukan oleh ibu-ibu hamil, karena dapat membantu meredakan ketegangan, menyiapkan otot-otot, atau berefek relaksasi saat persalinan. Senam otak juga penting dilakukan bayi, anak yang berusia di bawah 3 tahun, atau usia pra sekolah. Mereka yang sering merasa was-was dan stres juga sangat baik melakukan senam ini.

Senam otak dapat membuat orang yang melakukannya :
  • Terhindar dari rasa stres.
  • Merasa lebih awet muda.
  • Dapat menyikapi permasalahan dengan lebih tenang.
  • Bugar, sehat, dan fit.
  • Menunda kedatangan menopause.
  • Sebagai sarana untuk mencegah dan memudahkan penyembuhan terhadap penyakit.
Senam otak sangat mudah dilakukan dan sederhana. Gerakan senam otak ini haruslah dilakukan secara berurutan. Awali dengan minum air putih secukupnya, untuk membantu memberikan energi langsung ke otak, membantu pencernaan, dan metabolisme tubuh. Anda dapat melakukannya hanya dengan menghabiskan waktu sekitar 7 menit setiap berlatih. Urutan gerakannya antara lain seperti :
  • Minum air putih secukupnya.
  • Lakukan pernafasan perut (menghirup lalu mengeluarkannya kembali sebanyak 4 hingga 8 kali).
  • Melihat ke kanan dan ke kiri selama 4 hingga 8 kali dengan melakukan pernafasan perut.
  • Santai selama 4 hingga 8 kali pernafasan perut.
  • Letakkan kaki rata di atas lantai. Ujung-ujung jari tangan dan kaki saling bersentuhan selama 4 hingga 8 kali pernafasan perut.
  • Rentangkan kedua tangan Anda seluas mungkin dan senyaman mungkin. Gerakan ini dilakukan untuk memadukan otak. Sementara itu bayangkan otak kiri dan otak kanan menjadi satu, dengan menyatukan kedua tangan selama 4 hingga 8 kali pernafasan perut.
  • Sentuh titik-titik di bagian kepala bagian kiri dan kanan selama 4 hingga 8 kali pernafasan perut.
  • Silangkan kaki secara bergantian sebanyak 10 hingga 25 kali.
Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk menjaga kesegaran otak :
  • Hindari rasa stres, cemas, dan depresi.
  • Hindari polusi. Udara yang polusi dapat mengakibatkan berkurangnya oksigen yang terserap ke otak, sehingga otak tidak dapat berkembang dengan optimal.
  • Makanlah makanan yang bergizi.
  • Berolahraga secara teratur untuk menjaga keseimbangan otak dan memaksimalkannya.

DEMIKIANLAH SEKILAS TENTANG KEISTIMEWAAN OTAK MANUSIA SEMOGA BERMANFAAT.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : KEISTIMEWAAN KEISTIMEWAAN TENTANG OTAK

0 komentar:

Posting Komentar