amalan amalan hati

Selasa, 10 Januari 2017

SOSIS BAKAR KEJU

Sebelum kita membuat Sosis Bakar Keju, kita harus tau dulu apa itu keju? dan bagaimana mamfaatnya


Keju terbuat dari bahan baku susu, baik itu susu sapi, kambing atau kerbau. Keju berasal dari wilayah Timur Tengah, lebih tepatnya di wilayah sekitar perbatasan antara Irak, Syria dan Turki pada masa sekarang. Bukti tertulis tentang kapan persisnya keju mulai dibuat manusia sampai saat ini tidak ditemukan. Namun, sebagian sejarawan meyakini bahwa keju sudah dikonsumsi manusia sejak 8.000 tahun yang lalu.

Keju ditemukan secara tidak sengaja. Susu yang terlalu lama disimpan dalam kantong-kantong yang terbuat dari lambung domba atau hewan ternak lain yang dikeringkan dan terkena matahari langsung berubah menjadi air yang pucat dan gumpalan-gumpalan putih, serta mengubah susu tersebut menjadi keju yang dikenal saat ini.

Keju merupakan salah satu makanan favorit. Keju bisa dikombinasikan secara langsung, dijadikan toping untuk berbagai makanan maupun dicampur dengan makanan lain. Keju mengandung banyak nutrisi yang hamper sama dengan kandungan nutrisi pada susu. Dalam satu pon keju, terdapat kandungan nutrisi yang sama dengan satu gallon susu. Berikut kandungan gizi yang terdapat pada keju:

1.       Protein

Keju mengandung protein yang cukup tinggi, bahkan jika mengonsumsi keju sebanyak 100 gram maka akan mampu mencukupi 25% dari kebutuhan protein tubuh. Selain itu keju juga mengandung asam amino yang lengkap, sehingga berperan dalam sintesis protein untuk pembangun jaringan otot, metabolisme sel-sel tubuh, dan tulang.

2.       Mineral

Mineral yang terkandung dalam keju antara lain kalsium, fosfor dan seng. Kandungan kalsium pada setiap keju tidaklah sama. Tergantung pada proses penggumpalan pada keju. Keju yang digumpalkan menggunakan enzim akan memiliki kandungan kalsium lebih besar dua kali lipat daripada keju yang digumpalkan menggunakan asam.

3.       Vitamin

Keju juga mengandung beberapa vitamin, seperti Vitamin A, Vitamin D, Vitamin B1, Vitamin B2, Vitamin B6 dan Vitamin B12.

4.       Laktosa

Laktosa pada keju hanya sebesar 4,5% sampai 7,5%.

Nah setelah kita tau tentang Keju dan manfaatnya, mari sekarang kita lihat bahan-bahannya

BAHAN BAHANNYA ADALAH
  • 3 pieces Sosis bratwurst cheese.
  • 3 batang tusuk sate. 

Susu Olesan
  • 3 sdm saus tomat ABC.
  • 2 sdm saus sambal ABC.
  • 1/2 sdt garam.
  • 1/2 sdt lada bubuk.
  • 1 sdt minyak wijen. 

Topping
  • 3 sdm Mayones Mamasuka.
  • 60 gr keju cheddar, parut. 

CARA MEMBUATNYA
  1. Saus Olesan : Aduk rata semua bahan, sisihkan.
  2. Kerat-kerat seluruh permukaan sosis bratwurst cheese secara menyilang, tusukkan dengan tusukan sate. Panggang di atas fancy grill sambil dilumuri saus olesan dan sesekali dibalik hingga matang merata, angkat.
  3. Tempatkan sosis di dalam piranti saji, siram dengan saus mayones lalu taburi dengan keju parut.
  4. Sosis Bakar Keju siap disajikan. 

UNTUK 3 PORSI

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : SOSIS BAKAR KEJU

0 komentar:

Posting Komentar