amalan amalan hati

Rabu, 29 Maret 2017

INI TANDA MALAM LAILATUL QADAR

Malam Lailatul Qadar adalah malam yang oleh Alquran disebutkan lebih baik dari seribu bulan. Malam ini hanya terjadi sekali dalam setahun yaitu pada bulan Ramadhan dan salah satu kemuliaan Ramadhan adalah karena terdapat malam istimewa ini di dalamnya. Karena itulah, Lailatul Qadar selalu ditunggu-tunggu kehadirannya oleh ummat Islam di seantero dunia dengan penuh antusias.


Tentang kapan datangnya malam Lailatul Qadar, para ulama berbeda pendapat. Ada yang mengatakan malam Lailatul Qadar hanya datang sekali saja yaitu saat diturunkannya Alquran kepada Nabi Muhammad SAW dengan perantaraan Malaikat Jibril dan tidak akan pernah datang lagi. Hal ini seperti diungkapkan pakar hadits bernama Ibnu Hajar. Namun, pendapat tersebut ditolak oleh kebanyakan ulama dengan berpegang pada ayat Alquran dan sekian banyak Hadits Rasulullah SAW.

Mayoritas ulama berpendapat, Lailatul Qadar datang setiap tahun. Sebab, Nabi selalu menunggu kehadirannya dan menghimbau ummatnya untuk menanti kedatangannya pada malam-malam ganjil sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan. Pendapat yang terakhir ini pun berbeda-beda dalam hal tanggal kedatangannya.

Namun, karena adanya perbedaan pendapat di kalangan ulama tentang kehadiran malam Lailatul Qadar itu, maka penulis lebih cenderung menyatakan bahwa Lailatul Qadar jatuh pada malam-malam ganjil sepuluh terakhir bulan Ramadhan. Sebab Nabi selalu menanti kehadiran Lailatul Qadar pada malam-malam ganjil sepuluh terakhir dari bulan Ramadhan.

TANDA-TANDANYA

Kapan waktu pasti datangnya Lailatul Qadar, tidaklah ada yang tahu kecuali Allah SWT. Tapi, para ulama memberikan tanda-tanda kedatangannya sebagai berikut:

Pertama, pada malam hari itu tak ada meteor yang meluncur, sebab pada malam itu setan-setan tak ada yang boleh berkeliaran. Kedua, Udara tidak panas dan tidak pula dingin ( sedang ). Ketiga, Angin tenang, tidak ada awan dan tidak pula hujan. Keempat, Matahari terbitnya cerah, sinarnya tidak menyilaukan, karena banyaknya malaikat yang berulang balik pada masa itu.

Hal ini didasarkan pada salah satu hadits Rasulullah SAW, Rasulullah SAW ditanya tentang tanda-tanda malam Lailatul Qadar. Beliau menjawab: Ialah malam yang cerah, pada malam itu tidak panas, tiada hujan, tiada angin, tiada bintang ( meteor ) diluncurkan ( dilemparkan ) dan paginya matahari terbit tidak dengan sinar yang menyilaukan. 

Mengapa sinar matahari tak menyilaukan atau sinarnya berkurang? Adakah ini terhalang oleh malaikat yang lalu lalang, padahal malaikat itu adalah makhluk halus yang terbuat dari cahaya ( nur ). Syahrur Raudhl dalam kitabnya Fathul Wahhab menyatakan bahwa bukannya terhalang, tapi karena sinarnya kalah dengan nur-nur para malaikat. Atau karena itu memang diciptakan Allah SWT sebagai tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar.

Tanda-tanda datangnya malam Lailatul Qadar ini sangat diperlukan oleh seseorang. Sebab, siang hari setelah datang malam Lailatul Qadar juga masih disunnahkan beribadah dan sebagai bahan untuk tahun depan.

Bagi seseorang yang mengetahui datangnya malam Lailatul Qadar hendaklah tetap diam sehingga orang lain tetap khusuk beribadah menanti kedatangan malam Lailatul Qadar. Sebab, bila diberitahukan kepada orang lain bahwa malam Lailatul Qadar telah datang, maka tidak menutup kemungkinan orang lain yang sedang khusuk beribadah menanti kedatangannya, akan berhenti beribadah.

Semoga kita dapat bertemu malam yang mulia ini, malam yang ditunggu-tunggu kedatangannya oleh setiap insan yang beriman kepada Allah, malam yang dapat diibaratkan sebagai tamu besar yang sedang ditunggu-tunggu kedatangannya. Sehingga kita dapat memperoleh kemuliaannya yaitu lebih baik dari seribu bulan.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : INI TANDA MALAM LAILATUL QADAR

0 komentar:

Posting Komentar