amalan amalan hati

Senin, 27 Maret 2017

10 KOTA TERMAHAL DI DUNIA, DIDOMINASI ASIA DAN AFRIKA

Biro konsultan investasi Mercer baru saja merilis survei tahunan mereka yang bertajuk Cost of Living Survey.

Seperti namanya, survei ini menyajikan data dan informasi tentang kota-kota yang memiliki biaya hidup paling tinggi di dunia. Asumsi yang berkembang adalah kota-kota di Eropa cenderung lebih mahal.

Akan tetapi, faktanya adalah kota-kota di Asia dan Afrika mendominasi 20 besar peringkat tersebut, sejalan dengan tren menggeliatnya negara-negara emerging markets yang terus beradaptasi dengan derasnya investasi yang masuk.

Selain itu, fluktuasi nilai tukar dan inflasi barang-barang kebutuhan dasar juga menjadi faktor penting, khususnya harga pembelian maupun sewa properti lokal.

Mengutip Business Insider, Rabu (22/6/2016), berikut ini adalah 10 besar kota dengan biaya hidup termahal di dunia.

1. Hong Kong

Berdasarkan survei Mercer, Hong Kong adalah kota dengan biaya hidup paling tinggi di dunia. Hong Kong merupakan pusat finansial terkemuka dunia sekaligus kota yang paling sering dikunjungi di seluruh.

Namun demikian, populasi yang terus bertambah membuat Hong Kong harus membangun properti ke atas dan harganya pun amat mahal. Sejalan dengan itu, harga barang-barang di kota ini pun amat melambung tinggi.

2. Luanda, Angola

Luanda adalah kota dengan biaya hidup termahal di Afrika dengan jumlah penduduk sekitar 6 juta orang. Tingginya harga-harga di Luanda disebabkan investasi infrastruktur yang masih sebagai respon atas pertumbuhan ekonomi yang didorong operasional pertambangan.

3. Zurich, Swiss

Tidak hanya menyandang status kota termahal di Eropa, Zurich pun didaulat sebagai pusat perbankan dunia. Selain itu, Zurich juga salah satu kota dengan indeks kualitas hidup terbaik di dunia.

4. Singapura

Negara tetangga Indonesia ini terkenal sebagai pusat bisnis terkemuka di dunia dan sarana transportasinya yang amat baik.

Bank Dunia menyebut Singapura sebagai negara dengan kemudahan bisnis terbaik dunia, yang menjadi alasan banyak perusahaan di dunia menyambangi negara ini dan akhirnya biaya hidup pun amat tinggi.

5. Tokyo, Jepang

Peringkat Tokyo melonjak enam angka dibandingkan tahun lalu berkat penguatan nilai tukar yen. Namun, dalam berbagai aspek, Tokyo merupakan kota yang amat mahal, tidak terkecuali bagi para pelancong.

6. Kinshasa, Republik Demokratik Kongo

Siapa sangka, kota di Afrika yang memiliki 13 juta orang penduduk ini masuk 10 besar kota termahal di dunia. Posisi Kinshasa melompat 7 peringkat dibandingkan tahun lalu, didorong masifnya investasi asing yang berasal dari China.

7. Shanghai, China

Shanghai adalah kota terpadat di China dengan jumlah penduduk mencapai 24 juta orang dan terus bertambah. Layaknya kota-kota lain di China, Shanghai mengalami dampak pelemahan nilai tukar yuan, namun dan biaya hidup di kota itu tetap saja tinggi.

8. Jenewa, Swiss

Jenewa adalah kota Swiss kedua yang masuk dalan daftar yang disusun Mercer ini. Kota tersebut pun merupakan pusat keuangan terkemuka dunia, yang jadi alasan mengapa biaya hidup pun relatif tinggi.

9. N'Djamena, Chad

Lagi-lagi, siapa sangka kota di Afrika Tengah ini masuk dalam daftar 10 besar kota termahal di dunia.
N'Djamena tak hanya merupakan ibukota Chad, namun juga pusat rantai pasok makanan dan perdagangan utama di kawasan Afrika Tengah. Biaya hidup yang tinggi disebabkan meledaknya populasi dalam 70 tahun terakhir.

10. Beijing, China

Beijing adalah kota China kedua yang masuk daftar ini. Tidak hanya sebagai ibukota China, Beijing juga dikenal karena asap polusinya yang luar biasa. Selain itu, sudah banyak orang, termasuk ekspatriat, tahu bahwa biaya hidup di kota ini mahal.

INILAH 10 KOTA TERMAHAL DI DUNIA

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : 10 KOTA TERMAHAL DI DUNIA, DIDOMINASI ASIA DAN AFRIKA

0 komentar:

Posting Komentar