amalan amalan hati

Rabu, 19 Oktober 2016

MAKANAN BERKUALITAS SETELAH DONOR DARAH

Donor darah adalah salah satu hal yang mulia, disamping juga meningkatkan kualitas hidup dan kesehatan seorang pendonor. Namun tak semua orang bisa menjadi pendonor, tergantung kondisi kesehatan, kualitas darah, seperti tekanan dan Hb darah.

Lebih dari itu seorang pendonor juga harus memperhatikan kesehatan, termasuk asupan makanan setelah mendonorkan darahnya. Inilah tips ringan untuk pendonor, agar lebih bugar paskamendonorkan darahnya.


Mengkonsumsi makanan yang tepat setelah donor darah dapat membantu mengisi kembali kehilangan zat besi dan vitamin.

1. Makanan Yang Mengandung Banyak Zat Besi
Tanpa zat besi, tubuh tidak dapat mempertahankan/memproduksi sel darah merah yang sehat. Karena tubuh BFO'ers hrs mulai membuat sel-sel darah baru, makanan yang mengandung zat besi setelah mendonorkan darah dapat memberikan tubuh awal yang baik setelah menjadi donor. Contoh makanan kaya zat besi antara lain, bayam , daging merah, ikan, unggas, kacang.

2. Makanan Mengandung Folat
Tubuh Anda menggunakan folat / vit B-9 asam folat / folacin, untuk memproduksi sel darah merah baru. Makanan yang mengandung folat termasuk hati, kacang, asparagus dan sayuran berdaun hijau seperti bayam,brokoli,selada. Jus jeruk adalah sumber folat yang bagus.

3. Makanan Mengandung Riboflavin / Vitamin B-2
merupakan vitamin yang diperlukan untuk menghasilkan sel darah merah. Riboflavin/ vit B-2 membantu tubuh kita mengubah karbohidrat menjadi energi bagi tubuh. Setelah BFO’ers donor darah BFO’ers merasa lemah, mengkonsumsi makanan yg mengandung vit B-2 dapat membantu agar tetap bugar.
Makanan mengandung riboflavin termasuk makanan yang memiliki zat besi dan folat
Telur, kacang polong, kacang2an, sayuran berdaun hijau, brokoli, asparagus, sereal. susu, yogurt juga merupakan sumber yang baik.

4. Makanan Yang Mengandung Vitamin B-6
Tubuh BFO’ers membutuhkan vitamin B-6 untuk membangun sel darah yang sehat. Karena protein mengandung banyak nutrisi yang BFO’ers butuhkan setelah donor darah , makanan vitamin B-6 dapat membantu.
Contoh makanan vitamin B-6 meliputi kentang, pisang, kacang-kacangan, daging merah, ikan, telur dan bayam.

5. Minum Air Putih
Jangan mengabaikan pentingnya cairan bersama dengan makanan yang BFO’ers makan. cairan yang terbaik adalah Air. Minum air putih lebih banyak hingga 48 jam setelah donor darah sangat penting dalam membantu tubuh BFO’ers untuk menyesuaikan diri. Makan&minum yang sehat setelah donor darah, dapat membantu BFO’ers memperoleh kembali energi. Selain itu,
tubuh BFO’ers dapat memulai perjalanan untuk membangun kembali sel-sel darah yg baru, sehingga siap didonasikan lagi 3 bulan mendatang.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : MAKANAN BERKUALITAS SETELAH DONOR DARAH

0 komentar:

Posting Komentar